Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Minggu, 21 Juli 2013

TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN
Topologi adalah salah satu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sehingga membentruk jaringan. Cara yang saat ini sering di gunakan yaitu topologi bus, token-ring, star dan peer to peer network. Masing masing topologi ini mempunyai ciri khas dengan kelebihandan kekurangan tersendiri.
Topologi BUS

Keuntungannya
·         Hemat kabel
·         Layout kabel sederhana
·         Mudah di kembangkan
Kerugiannya
·       Deteksi danisolasi sangat kecil
·       Kepadatan lalu lintas
·       Bila salahsatu klient rusak, maka jarinngan tidak bisa berfungsi.
·       Di perlukan repeateruntuk jarak jauh.
Topologi token RING
Metode token ring (sering di sebut ring saja )adalah cara  untuk menghubungkan komputer sehingga terbentuk ring. Setiap sampul memiliki tingkatan yang sama. Jaringan ini di sebut juga jaringan loop, data di kirimkan ke setiap sampul dansetiap informasi yang diterima sampul di periksa alamatnya apakah data itu miliknya ataupun bukan.

Keuntungannya
·         Hemat kabel
Kerugianya
·         Peka kesalahan
·         Pengembanagan  jaringan lebih kaku
Topologi star
·         Semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data terasebut ke semua Simpul atau klient yang di pilihnya.simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan stasiun sekunder atau client server.setelah hubungan jaringan di mulai oleh server maka setiap client server sewaktu waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

·         Keunntungan
o   Paling fleksible
o   Control terpusat
o   Kemudahan pengelolaan jaringan
o   Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan
·         Kerugiannya
o   Boros kabel
o   Perlu penanganan kusus
o   Control terpusat jadi element kritis
Topologi peer to peer network

Sistem jaringan ini dapat di gunakan di rumAH . KOMPUTER Yang menggunakan power “kuno”,misalnya AT dan ingin membeli komputer yang baru tidak perlu untuk membuangkomputer yang lama,cukup dengan memasang network card di kedua komputernya kemudian di hubungkkan dengan kabel yang khusus di gunakanuntuk sistem jaringan. Sistem inilah yang paling mudah di pelajari dandi gunakan.

1 komentar: