Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Minggu, 21 Juli 2013

ARTIKEL WAN

WAN(wide area network)
WAN merupakan jaringan yang berukuran besar,melibatkan provider atau pemerintah sebagai penyedia infrastruktur jaringan. Ini merupakan konsekuensi yangh logis, kerena harus menyediakan kabel kabeldan peralatan yang sangat besar.
Untuk keperluan koneksi WAN dan LAN biasanya menggunakan jasa provider, seperti perusahaan telekomunilkasi dan internet service provider.  WAN link koneksi dapat di di kelompokkan menjadi
1.       Dial up connection
Koneksi tidak tetap( tidak 24 jamsehari).biasanya koneksi di lakukan dengan bantuan saluran telephon (PSTN)
2.       Dedicated connection
Biasanya menggunakan kabel kusus yang menghubungkan lokasi pelanggan dengan provider.karena jalur hanya di gunakan oleh pelanggan tertentu maka dapat di nikmati bandwidth penuh. Dedicated connection  biasanya cukup mahal. Pelanggan dapat menikmati layanan network 24 jam sehari.
3.       Switched network connection
Pelanggan dapat menggunakan jalur /line yang sama dan akan berbagi bandwidth dengan pelanggan lain.koneksi WAN selalu memerlukan jasa provider, kita tidak bisa menghubungkan network local dengan remote tanpa bantuan provider,sehubungan dengan masalah ini ada beberapa istilah yang di gunakan untuk membedakan “sisi Provider” dengan” sisi  USER” atau pelanggan  , untuk lebih jelas perhatikan gambar:
Pada dasarnya WAN tersedia beragam metode akses yang memerlukan  waktu tersendiri jika ingin kita bahas semuanya. Thx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar